2016, Aku Tidak Tahu dan Jangan Berspekulasi

23 Desember menuju tengah malam. Seperti biasa, akhir tahun adalah waktu yang tepat untuk berkontemplasi. Aku akan menghabiskan waktu ku untuk mengurung diri di kamar. Membaca kembali mind map dan catatan yang aku buat setahun sebelumnya lalu menggerutu ah .. selalu begitu ..

Menjelang akhir tahun ini aku mulai menghindari sosial media. Kawan-kawan pun mungkin melakukan hal yang sama. Aku melakukannya agar kemanusiaan ku tetap terjaga, hariku positif dan tekanan darah ku stabil. Pelarian dunia maya yang terbaik pada akhir tahun adalah blog dan feed reader.

Meskipun sepanjang tahun ini tidak begitu menyenangkan namun aku tetap mendapatkan banyak pelajaran. Diantaranya adalah: 1) aku membutuhkan lingkungan kerja yang fleksibel dengan kata lain aku tidak cocok kerja kantoran. 2) Kopi arabika itu enak. 3) Semua perempuan yang aku cenderung kepadanya semenjak SMP hingga sekarang punya karakteristik yang sama, 4) “Aku tidak tahu” adalah kunci menuju pengetahuan dan 5) Jangan berspekulasi, gunakan data.

Oke .. aku sudah mulai mengantuk. Kalau aku lanjutkan menulis, ceritaku bisa berantakan. Kalau aku lanjutkan besok, kalimat pembuka “23 Desember menuju tengah malam” sudah tidak valid lagi. Ini saja dulu.

2016, Aku Tidak Tahu dan Jangan Berspekulasi

Leave a Reply

