Mahasiswa Indonesia Bersatulah! (Dengan Mahasiswi Indonesia)

demo1

Ada yang seru hari ini. Mahasiswa UPI-YPTK melakukan aksi damai! Ini peristiwa langka sebenarnya apa lagi karena ada peraturan yang kami mahasiswa UPI sama-sama tahu dan kami tidak ingin memberitahu Anda karena kami tetap ingin menjaga nama baik almamater. Peristiwa ini harus masuk dalam daftar hari penting dalam kalender keluarga besar kami.

Pada essay ini saya tidak ingin membahas detil tuntutan adik-adik saya, biarlah apa yang terjadi di dalam kampus tetap berada di dalam kampus. Sedangkan untuk informasi yanga bersifat umum, saya sarankan Anda membacanya langsung dari website resmi UKM Pers Gelegar.

Kampus adalah wadah untuk mengembangkan diri. Di kampus kita bertemu dengan teman-teman baru, ide-ide baru dan tentu saja tantangan-tantangan baru. Oleh karena itu, kebebasan berpikir dan berkreasi harus kita junjung tinggi. Maka perjuangkanlah segala sesuatu yang menjadi hak kita sedemikian rupa sehingga kita bisa menemukan dan menjadi diri kita sendiri.

Lebih dari itu, saya berargumen bahwa peran utama seorang mahasiswa adalah kontribusinya bagi ilmu pengetahuan (dan kemanusiaan tentunya). Kampus sebagi wadah hendaknya dapat memfasilitasi agar mahasiswa dapat berkarya, berkontribusi dan mengembangkan dirinya.

Kuliah itu asik. Salah satu alasan saya memilih menjadi dosen adalah karena saya tidak bisa move on dari dunia pendidikan. Saya mencintai ilmu pengetahuan. Saya suka belajar hal-hal baru dan tentu saja saya suka berada dekat-dekat dengan adik-adik mahasiswi yang lucu dan imut. Oh … nikmat kuliah mana lagi yang kamu dustakan?

Kampus adalah tempat yang (seharusnya) menyenangkan. Bila perlu ikutilah sebanyak mungkin kegiatan kampus. Perkaya diri kita dengan ilmu dan aktifitas bermanfaat. Dengan begitu semoga kita bisa menemukan diri kita dan menjadi diri kita sendiri.

Adik-adik, saya mendukung kalian melakukan aksi damai. Ya, aksi damai! Jangan sampai setitik kebodohan menggelapkan mata kita untuk melakukan vandalisme. Terbukalah terhadap kritik. Boleh jadi itu merupakan pelajaran berharga buat kita. Namun jika mungkin ada yang menghina dan menghujat aksi kalian, biarkan saja. Anggap saja angin lalu, karena boleh jadi mereka memang cuma angin lalu.

Catatan:
Judul diambil dari ending lagu “Mars Mahasiswa Indonesia” oleh The Panas Dalam pada salah satu konser mereka.
Berita aksi damai, dapat juga diakses di: https://archive.is/BsGNo

Mahasiswa Indonesia Bersatulah! (Dengan Mahasiswi Indonesia)

2 thoughts on “Mahasiswa Indonesia Bersatulah! (Dengan Mahasiswi Indonesia)

Leave a Reply

