Kuliah Umum Computational Thinking.

Ini benar-benar telat dan saya akan menggunakan tag #latepost untuk posting ini. Seharusnya saya mempublikasi posting ini pada bulan Juni, namun terpaksa harus diundur karena beberapa hal dan saya menulis rasa penyesalan saya pada essay ini.

Pada tanggal 24 Juni 2015 saya berkesempatan memberikan kuliah umum di Politeknik Negri Padang. Saya membahas topik Computational Thinking yang menyita cukup banyak perhatian saya satu atau dua bulan sebelumnya.

Computational thinking menjadi topik menarik bagi saya adalah karena saya menilai bahwa kekuatan utama komputer dalam kaitannya dengan ilmu pengetahuan dan tentu saja kehidupan adalah kemampuan komputer untuk melakukan simulasi dan prediksi. Sedangkan untuk dapat mensimulasikan sebuah kondisi dan untuk memprediksi sebuah kejadian dibutuhkan serangkaian pemodelan masalah dalam struktur data serta algoritma penyelesaiannya sehingga dapat diproses oleh baik manusia maupun komputer. Topik-topik tersebut terangkum dalam computational thinking.

Tidak lupa saya mengucapkan terima kasih kepada Politeknik Negri Padang serta Bapak Ervan Asri atas undangan kuliah umum yang telah memberikan pengalaman yang luar biasa kepada saya.

Presentasi kuliah umum bisa diakses di: https://app.box.com/s/sujmos183qdkun7syfg70es0wi1xqvy9

compthink

Kuliah Umum Computational Thinking.

One thought on “Kuliah Umum Computational Thinking.

Leave a Reply

