Kelenteng

Dari Pantai Padang, jika Pembaca terus mengikuti jalan Samudra, setelah itu masuk ke jalan Batang Arau dan jika Pembaca patuh pada rambu lalu lintas, maka Pembaca akan sampai di jalan Kelenteng. Disebut jalan Kelenteng karena di situ berdiri KelentengĀ See Hin Kiong, Kelenteng tertua di kota Padang.

Di dekat Kelenteng See Hin Kiong terdapat Kelenteng baru. Kelenteng baru tersebut lah yang saya dan kolega saya kunjungi. Malam itu Kelenteng tidak terlalu ramai. Tidak ada warga yang sedang Sembahyang dan pengunjung Kelenteng adalah kami-kami yang menyukai tempat-tempat unik.

Jalan menuju Kelenteng dihiasi oleh lampion.
Anak-anak muda di parkiran Kelenteng.

Suasana disepanjang jalan itu selalu ramai. Bangunan di sebelah kiri yang ada tulisan “HBT” adalah gedung Himpunan Bersatu Teguh. Setahu saya sudah beberapa tahun terakhir ini setiap kali Imlek HBT mengadakan bazar dan banyak sekali acara menarik.

Gedung HBT saat itu tidak terlalu ramai, namun dari luar terdengar suara alat musik yang digunakan pada pertunjukan Barongsai. Mungkin sekelompok pemuda sedang latihan untuk meyambut tahun baru Imlek.

Naga.

Setiap kali melihat patung naga di atas saya selalu teringat Kungfu Panda. Saya sering tersenyum geli ketika membayangkan ada “perkamen naga” di mulut patung naga tersebut. Di bawah patung naga tersebut ada kolam kecil yang tentu saja menambah kemiripannya. Tapi mungkin memang begitu desainnya, saya tidak tahu.

Beranda Kelenteng.
Kelenteng
Lonceng.
Kelenteng

Malam itu cerah, sedikit gerah. Menyenangkan sekali berangin-angin di pekarangan Kelenteng. Sesekali angin berembus membawa aroma dupa, membuat saya merasa seolah tidak sedang berada di Padang. Sebelum kelenteng ditutup kami berjalan-jalan dan mengambil beberapa gambar di sekitar Kelenteng. Silahkan lihat di sini. Malam yang mengasikkan itu adalah Selasa malam, 27 Januari 2015.

Advertisements
Kelenteng

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s