Ayo (kembali) menulis blog!

Komitmen pertama saya untuk kembali menulis blog telah saya sampaikan pada salah satu tulisan saya di tumblr. Isinya adalah sebagai berikut:

Dua tahun sudah tidak blogging. Ada dorongan untuk kembali blogging. Menulis dan mendokumentasikan segala hal yung saya alami. Tentunya sangat subjektif. Tapi tak apa lah. Yang penting tetap jernih melihat dan cermat mencatat.

Di masa depan nanti mungkin sekumpulan blog akan menjadi tambang data yang luar biasa untuk menarik kesimpulan bagaimana tiap-tiap manusia (dalam subjektifitasnya) melihat dan mencatat penggalan sejarah yang sama.

Nb: Trims anggriyulio.com yang mengingatkan kembali betapa menyenangkannya menulis blog.

Namun kembali menulis blog baru terealisasikan pada minggu pertama tahun 2015. Terimakasih 2015, telah memberikan momentum buat saya.

Saya telah menulis blog sejak tahun 2009. Sebagian besar isinya seputar keseharian saya, dan ada banyak curahan hati di sana. Pembaca dapat mengakses blog pertama saya di sini: http://haddadsammir.blogspot.com/ .

Saya menggunakan Google Blogger, Tumblr dan WordPress sebagai platform blogging saya. Namun akhirnya saya memutuskan menggunakan platform wordpress sebagai platform blog utama saya dimulai dari tahun 2015. Ada beberapa alasan teknis mengapa saya memilih wordpress, diantaranya adalah ketersediaan template dan plugin yang banyak. Namun alasan yang paling kuat mengapa saya memilih wordpress adalah karena saya ingin memulai blog yang baru, dengan konsep yang baru.

Untuk urusan membaca blog dan tetap update dengan tulisan terbaru dari kolega-kolega saya, saya menggunakan Digg Reader. Sebuah Rss Reader online. Saya menggunakan online tools ini dengan sangat intensif.

Digg Reader
Digg Reader

Saya menilai menulis blog memberikan banyak manfaat bagi saya. Saat menulis blog mengenai keseharian saya, saya seolah merasakan beban yang saya miliki menjadi lebih ringan. Kurang lebih seperti curhat. Disamping itu, berbagi memang menyenangkan.

Menulis blog juga memaksa saya untuk berpikir kreatif. Tentunya setiap blogger ingin blog-nya tetap ter-update dan untuk itu seorang blogger akan menulis blog-nya secara teratur. Dengan begitu dibutuhkan ide-ide baru seputar topik yang hendak diangkat ke dalam blog. Untuk mendapatkan ide-ide baru, maka sesorang harus banyak membaca. Semakin banyak saya menulis, maka semakin banyak pula saya membaca.

Namun manfaat utama menulis blog yang saya rasakan adalah: menulis blog mengajarkan saya untuk berpikir sistematis dan terurut. Peristiwa dan ide-ide yang saya sampaikan pada tulisan-tulisan saya membuat saya perlu menyusun dan mengurutkan paragraf demi paragraf sedemikian rupa agar narasi yang saya sampaikan dapat diterima dengan baik oleh pembaca.

Oleh karena itu, melalui tulisan ini saya mengajak pembaca yang belum menulis blog, atau yang pernah menulis blog namun meninggalkannya, ayo (kembali) menulis blog!

Pranala luar:

Ayo (kembali) menulis blog!

3 thoughts on “Ayo (kembali) menulis blog!

Leave a Reply

