Bukit Gado-Gado

Sampai saat ini saya belum menemukan jawaban mengapa bukit yang berada persis di mulut muara sungai Batang Arau tersebut bernama bukit Gado-Gado. Ketika SD dulu, saya suka memperhatikan bukit tersebut dari jendela kelas. Kebetulan saya dulu sekolah di SD Baiturrahmah. Saat kelas dua SD (sekitar tahun 1993/1994) saya belajar di kelas yang berada pada lantai dua. Dari kelas tersebut saya bisa melihat balon “matahari” (balon promosi matahari department store yang baru buka di kota Padang) di sebelah timur lalu melihat pantai Padang yang berada di sebelah barat serta bukit Gado-Gado di sebelah selatan.

Bukit Gado-Gado selalu terlihat indah. Dari jendela kelas saya bisa melihat warnanya yang hijau serta bangunan makam Tionghoa. Kami di Padang menyebutnya kuburan Cina. Ada banyak sekali kuburan Cina di bukit Gado-Gado.

gunung-padang

Meskipun sudah sering melihatnya, namun masih banyak bagian bukit Gado-Gado yang belum saya jelajahi. Memang saya sudah sering trekking ke taman Siti Nurbaya (kami biasa menyebutnya puncak gunung Padang) karena tempat itu yang paling populer. Namun taman kecil di puncak bukit itu hanyalah sebagian kecil dari gugusan bukit dekat kota Padang tersebut.

Minggu, 11 Januari 2015 kemarin, bersama adik-adik Cybernetix saya pergi “mejelajah” ke sana (semoga tidak berlebihan menggunakan kata ‘menjelajah’). Awalnya ini ide Ayu ketika kami berembuk menentukan tempat yang asik untuk menghabiskan sore hari Minggu yang cerah setelah menghadiri resepsi pernikahan teman kami. Bukit Gado-Gado adalah pilihan yang adil bagi yang ingin mengunjungi pantai dan bagi yang ingin menikmati perbukitan.

Sebenarnya kami sudah pernah mengunjungi bukit Gado-Gado ketika pergantian tahun 2015 kemarin. Saat itu UKM IT Cybernetix mengadakan acara tahun baru di rumah Helin. Itu kali pertama buat saya mengunjungi bagian lain dari bukit Gado-Gado yang luas. Jalan yang sangat curam serta sore yang mendung membuat saya tidak memperhatikan pemandangan sekitar. Saya hanya fokus pada jalan sempit curam seta licin karena hujan. Tapi lain halnya dengan hari minggu kemarin.

Sore itu sangat cerah. Langit dan laut berlomba-lomba memperlihatkan warna biru cantiknya. Saya sangat bersemangat karena kali tersebut adalah kali kedua saya ke sana. Saya mulai menikmati pendakian terjal bukit Gago-Gado tersebut.

tumblr_ni0p91zf9j1s3sngho1_500
Dari atas bukit Gado-Gado dapat terlihat pantai dan kota Padang, lengkap dengan latar belakang pegunungan.
tumblr_ni0rs9devJ1s3sngho1_500
Taman Siti Nurbaya berada pada puncak bukit di depan.
tumblr_ni0pxp6YXm1s3sngho1_1280
Kota Padang dengan latar belakang pegunungan.
Sunset dari atas bukit Gado-Gado.
Sunset dari atas bukit Gado-Gado.
Drink like a boss!
Drink like a boss!

Kunjungan ke bukit Gado-Gado tanggal 11 Januari kemarin benar-benar berkesan buat saya.

Sumber foto: Ayu – http://rywyu.tumblr.com/

Bukit Gado-Gado

One thought on “Bukit Gado-Gado

Leave a Reply

